Cara Meningkatkan Keselamatan Karyawan di Tempat Kerja: Panduan Singkat

Tahukah Anda bahwa ada hampir 5.000 kecelakaan kerja fatal di tahun 2020? Selain itu, ada ribuan cedera non-fatal yang diterima karyawan saat bekerja. Dengan angka-angka seperti itu, Anda dapat melihat betapa pentingnya menjaga lingkungan kerja yang aman. 

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang keselamatan karyawan dan bagaimana Anda dapat membuat tempat kerja Anda lebih aman bagi mereka.  

Mengapa Anda Harus Menekankan Keselamatan Karyawan?

Melindungi staf Anda adalah salah satu cara untuk meningkatkan hubungan karyawan. Orang-orang merespons secara positif dalam lingkungan yang memikirkan kesejahteraan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Mengurangi kemungkinan cedera di tempat kerja juga masuk akal secara finansial. Diperkirakan bahwa majikan AS membayar sekitar $ 1 miliar seminggu untuk menutupi kecelakaan di tempat kerja. Ini tidak termasuk efek lain dari karyawan yang terluka, seperti peningkatan premi asuransi. 

Langkah-Langkah Apa yang Dapat Anda Ambil Untuk Meningkatkan Keselamatan di Tempat Kerja?

Meskipun setiap tempat kerja berbeda dengan bahaya unik yang dihadapi karyawan, ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh setiap pemberi kerja untuk mempromosikan keselamatan di tempat kerja. Langkah-langkah ini meliputi:

Keterlibatan Karyawan

Tidak ada bos yang dapat melihat semuanya, yang berarti melibatkan karyawan Anda dalam keselamatan di tempat kerja. Ini dapat mencakup pemeriksaan keselamatan sebagai bagian dari pekerjaan mereka atau memulai komite keselamatan yang terdiri dari karyawan. 

Identifikasi dan Pengendalian Bahaya

Beberapa bahaya sudah jelas dan yang lain memerlukan penyelidikan. Salah satu metode adalah meninjau cedera di tempat kerja sebelumnya untuk mengidentifikasi area yang telah diabaikan.

Pelatihan yang Tepat

Setiap tempat kerja yang aman memiliki karyawan yang terlatih dengan baik dalam prosedur keselamatan dan mengelola keadaan darurat di tempat kerja. Ini harus mencakup pelatihan umum untuk semua karyawan baru dan pelatihan khusus untuk pekerjaan yang berbeda.

Dorong Karyawan Untuk Beristirahat

Stres dan kelelahan di tempat kerja menyebabkan cedera. Mendorong karyawan untuk menggunakan hari libur dan waktu libur mereka, serta melembagakan inisiatif kesehatan di tempat kerja membantu mengurangi hal ini. 

Tempat Kerja yang Bersih

Tempat kerja yang dibersihkan dengan benar mengurangi kemungkinan cedera. Mengikuti prosedur dasar seperti membersihkan tumpahan dan menumpuk barang dengan benar dapat membuat perbedaan.

Label dan Signage yang Tepat

Karyawan tidak akan tahu apakah ada sesuatu yang berbahaya jika mereka tidak tahu apa itu. Ini berarti bahwa pelabelan dan penandaan yang tepat adalah suatu keharusan, terutama untuk cairan dan zat yang kurang dikenal. 

Menghargai Perilaku Karyawan

Mengakui karyawan untuk mengikuti protokol keselamatan hanya dengan hadiah kecil memberikan insentif tambahan. Hal ini semakin menggambarkan pentingnya keselamatan di tempat kerja.

Mendapatkan Bantuan Tambahan Untuk Keselamatan Tempat Kerja

Bahkan dengan budaya keselamatan yang kuat, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan bantuan dari luar. Ada perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan kerja, yang fokus pada kesehatan karyawan dan keselamatan kerja. Jika Anda tertarik, Anda bisa mendapatkan manajemen kesehatan kerja di sini . 

Apakah Anda Siap Meningkatkan Keamanan Tempat Kerja Anda?

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang meningkatkan keselamatan karyawan, tunggu apa lagi? Ini bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, tetapi juga dapat menghemat biaya yang signifikan dalam jangka panjang. Ada banyak langkah yang harus diambil yang dapat mencegah cedera dan bahkan profesional yang dapat Anda hubungi.

Leave a Comment